Andaliman, Rempah-rempah Khas Batak

 



Andaliman atau itir-itir ialah bumbu masak ciri khas Asia yang dari kulit luar buah beberapa macam tumbuhan anggota marga Zanthoxylum (suku jeruk-jerukan, Rutaceae).


Kecuali cengkeh, Andaliman ini jadi salah satunya rempah yang mempunyai tapak riwayat perjalanan bumbu Indonesia dalam peta bumbu dunia. Andaliman, yang dengan bahasa Inggris terkenal disebutkan Sihuan Pepper, adalah rempah ciri khas Sumatera Utara sebagai bumbu penting dalam hampir seluruhnya makanan ciri khas Batak.


sejarah togel 4d resmi di indonesia Bumbu ini di Indonesia cuman dikenali untuk masakan Batak, hingga dikenali orang luar wilayah untuk merica batak. Masakan ciri khas Batak seperti arsik , sambal atau semacamnya membutuhkan andaliman untuk bumbu yang tidak terpindahkan.


Di hidangan sambal, andaliman sering dipakai untuk menambahkan rasa pedas. Rempah yang berupa butiran seperti lada ini mempunyai kandung hydroxy-alpha-sanshool hingga memunculkan rasa getir, kelu atau kebal di lidah.



Kecuali andaliman (Z.acanthopodium), dikenali juga dalam khazanah boga Indonesia beberapa familinya, yakni kayu loyo (Z. rhetsa), kembang seriawan (Z. nitidum), serta karangean (Z. avicennae).


Yang paling akhir ini dikenali untuk bumbu dalam masakan Sunda.


Z. fagara (Afrika Subsahara, Amerika Selatan)


Z. simulans (Taiwan)


Z. armatum (Nepal)


Z. rhesta (India)


Z. piperitum (Jepang [daun])


Z. acanthopodium, Z. nitidum, Z. rhetsa, Z. avicennae (Indonesia)


Postingan populer dari blog ini

Wednesday's elect evaluated Autonomous commitment towards Biden, as well as determined evaluations of Garcetti's opinion as well as trustworthiness, coming from the Urban area Venue allegations that shadowed him in the #MeToo age.

Jenis Tanaman Aquascape yang Cocok untuk Ikan Cupang, Bisa Dimakan atau Malah buat Mainan

Pakistan ex-PMs as well as bitter competitors Sharif as well as Khan each insurance case survey gain